Home / BERITA / Diisukan Berkewarganegaraan AS, Arcandra Tahar Tidak Membantah

Diisukan Berkewarganegaraan AS, Arcandra Tahar Tidak Membantah

infokuterkini.com – Beredar isu kurang sedap soal Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar berstatus kewarganegaraan Amerika Serikat (AS).

Arcandra yang belum sebulan menjabat sebagai menteri kabinet jilid II memang diketahui telah menetap dan tinggal di negeri Paman Sam selama 20 tahun belakangan.

Kabar beredar, Arcandra telah berpindah kewarganegaraan melalui proses naturalisasi dan telah mengucap sumpah setia (Oat of allegiance) di negara tersebut. (baca: 5 fakta galaknya jokowi lawan singapura ?)

Siang ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian memanggil Arcandra ke Istana.

Belum jelas tujuan Presiden Jokowi memanggil Menteri ESDM pengganti Sudirman Said tersebut. Tapi, ketika dikonfirmasi seusai pertemuan, Arcandra mengaku hanya bersilaturahmi dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurutnya, tak ada pembicaraan se‎rius antara dirinya dengan Jokowi siang ini. “Oh (ketemu Presiden Jokowi) silaturahmi aja,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (13/8/2016).

Saat ditanya soal status kewarganegaraannya, pria berdarah Minang ini justru meminta awak media menilai dirinya dari raut wajah. Dia menegaskan bahwa dirinya adalah asli dari Padang, Sumatera Barat. “Muka saya apa? Orang Padang kok,” tandasnya.

 

Arcandra-Tahar

‎Sementara itu sebelumnya, orang dekat Arcandra Tahar, Wakil Deputi I Kantor Staf Kepresidenan Yuni Rusdinar ‎tidak menampik namun juga tidak membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, dalam waktu dekat Arcandra kemungkinan akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

“‎Oh mohon maaf, saya belum ketemu bapak (Arcandra Tahar). Saya lagi keluar kota. Nanti mungkin ada penjelasannya lah (soal status kewarganegaraan Arcandra),” katanya di Jakarta, Sabtu (13/8/2016).

Saat ditanya kabar yang menyebutkan bahwa Presiden Jokowi telah memanggil Arcandra ikhwal hal tersebut, lagi-lagi Yuni memilih untuk tidak bersuara. Dirinya meminta untuk menunggu penjelasan langsung dari yang bersangkutan.

“‎Nanti ditanya aja. Nanti ada waktunya ketika penjelasan diberikan. Tapi saya enggak tau soal pertanyaan ini. Sementara ini nanti dulu‎,” tandasnya.

Sumber : jurnalindonesia.id

About inkuter

Check Also

sindiran pedas

Video Heboh! Doa Sindiran di Hadapan Jokowi Saat Rapat Paripurna dengan DPR

InfoKuTerkini — Doa sejatinya berisi harapan dan ungkapan hati umat manusia kepada Tuhan YME. Namun, yang …

One comment

Leave a Reply

Powered by moviekillers.com