Home / KESEHATAN / Manfaat Kedelai Atasi Timbunan Racun Dalam Tubuh

Manfaat Kedelai Atasi Timbunan Racun Dalam Tubuh

INFOKUTERKINI – Mungkin kamu telah mengenal bisphenol A (BPA), bahan kimia yang digunakan untuk mengeraskan plastik dan telah digunakan selama lebih dari 40 tahun. Bisphenol memiliki komposisi kimia yang mirip estrogen.

Para peneliti dari Harvard menemukan hubungan antara paparan tinggi BPA dan tingkat konsepsi yang rendah. Kabar baiknya, mereka juga menemukan bahwa konsumsi kedelai secara teratur dapat melindungi wanita dari dampak buruk BPA tersebut.

Melansir dari medicaldaily.com, para peneliti melakukan uji coba pertama dengan menggunakan tikus. Mereka menemukan bahwa diet kaya kedelai dapat melindungi kesehatan reproduksi dari bahaya paparan BPA. Untuk penelitian yang melibatkan manusia, penelitian ini menganalisis sekitar 239 wanita yang mengalami kegagalan dalam kehamilan.

Para wanita tersebut setidaknya pernah mencoba program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVT). Selain itu, para peneliti juga memperhatikan pola makan, keberhasilan dan kegagalan IVT serta paparan BPA yang diukur melalui sampel urin.

Hasilnya, orang-orang yang tidak mengonsumsi kedelai memiliki papapan BPA serta tingkat kesuksesan implantasi embrio, tahap awal kehamilan, kehamilan, kehamilan trisemester kedua dan kelahiran bayi yang rendah.

Sedangkan pada sekitar 176 wanita yang rutin mengonsumsi kedelai ternyata memiliki tingkat paparan BPA yang lebih rendah dan kesempatan untuk sukses IVT yang lebih besar. Selain menganjurkan para wanita untuk menghindari paparan BPA, tetapi para peneliti yakin bahwa makanan dapat mengurangi beberapa risiko dari paparan tersebut.

Paparan BPA biasanya ditemukan dalam plastik makanan kaleng, wadah-wadah plastik, botol air dan juga juga peralatan makan plastik lainnya. BPA dapat saja melekat dalam makanan atau minuman tersebut.

Terlebih lagi meletakkan makanan atau minuman panas di atas wadah plastik tersebut akan meningkatkan jumlah penyaluran BPA dalam makanan. Kedelai mengandung fitoestrogen yang dapat memengaruhi sistem endoktrin dan membantu mengatur hormon.

About inkuter

Check Also

Bersihkan Racun di Dalam Tubuh dengan ke 7 Buah dan Sayur Berikut

Bersihkan Racun di Dalam Tubuh dengan 7 Buah dan Sayur Berikut

INFOKUTERKINI.COM-Tubuh memang sangat memerlukan makanan segar yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga mineral yang …

Leave a Reply

Powered by moviekillers.com