Home / UNIK / Perayaan Bulan Hantu ( 饿鬼节 )

Perayaan Bulan Hantu ( 饿鬼节 )

 

InfokuTerkini.Com – Hari ke-15 bulan tujuh adalah Festival Ghost, kadang-kadang disebut Festival Hungry Ghost ( Zhong Yuan Jie 中元节 ). Festival Hantu (饿鬼节 È Gui Jie) adalah sebuah tradisi perayaan dalam kebudayaan Tionghoa yang tahun ini jatuh pada tanggal 31 Agustus 2012.

Menurut tradisi Cina, Orang Tionghoa percaya bahwa bulan tujuh adalah bulan hantu yaitu saat di mana roh dan hantu akan keluar dari neraka untuk mengunjungi bumi selama sebulan.

Mulai dari hari pertama pintu gerbang neraka terbuka sampai tengah malam pada dua hari pertama dari sembilan belas, gerbang neraka sebelum Tutup.

Tujuan utama tradisi kuno ini adalah untuk melepaskan mereka yang menderita dan menghormati leluhur. Tradisi ini sebenarnya merupakan produk masyarakat agraris di zaman dahulu yang bermula dari penghormatan kepada leluhur serta dewa-dewa supaya panen yang biasanya jatuh di musim gugur dapat terberkati dan berlimpah. Sehingga pada pertengahan bulan 7 diadakan perayaan dan sembahyangan sebagai penghormatan kepada mereka.

Sementara itu pengikut Tao percaya bahwa pada tanggal ke lima belas dari bulan ketujuh adalah ulang tahun Dewa Neraka yaitu Ti Chang Wang Pho Sat. Dalam rangka perayaan ulang tahun ini, setiap hantu dan roh yang dipenjara di neraka akan dibebaskan untuk kembali ke alam kehidupan.

 

kuburan

Biasanya, pintu neraka hanya terbuka satu kali dalam setahun. Yakni, bulan ketujuh menurut hitungan kalender cina yang didasarkan pada peredaran bulan. Menurut kepercayaan, pada periode tersebut di neraka tak disediakan makanan, untuk itu buat mereka yang masih hidup di dunia diharapkan mengirimkan berbagai sajian makanan untuk para arwah dalam rangka Festival Hantu Lapar untuk menyenangkan mereka agar membawa keberuntungan bagi keluarga. Taoisme dan Buddha melakukan upacara pada hari ini untuk meringankan penderitaan dari almarhum.

Selama bulan tujuh juga biasanya banyak hantu yang berkeliaran di bumi datang untuk makan, sehingga baik untuk menghibur mereka. Umumnya, setiap rumah tangga di pinggir jalan pintu mengabadikan dalam “mangkuk Gomi, menggantung lentera di bawah atap, melihat ke depan untuk saudara-saudara yang baik makan dan pergi, tidak datang mengganggu.
Keluarga akan mempersiapkan rumah kertas juga berbagai barang dalam lipatan kertas yang berbentuk seperti berupa uang, emas batangan, pakaian, gigi palsu, alat kosmetik dan telepon genggam dibakar sebagai persembahan buat para arwah. untuk menyambut jiwa relasi yang dipercaya kembali dalam bulan hantu, yang jatuh pada bulan ketujuh kalender Cina. Tujuannya agar para hantu bisa hidup lebih nyaman di alam baka.

Pengikut aliran Tao percaya penjaga dunia lain akan mengizinkan jiwa-jiwa untuk kembali ke dunia satu bulan setiap tahun. Dan pada masa ini, penganut kepercayaan akan berdoa pada roh untuk keberuntungan dan kemakmuran. Pada bulan inilah, penganut Tao akan mempersiapkan sesajen dan membakar kemenyan untuk mereka.

Namun pengaruh religius terutama dari Buddhisme menjadikan tradisi perayaan ini sarat dengan mitologi tentang hantu-hantu kelaparan yang perlu dijamu pada masa kehadiran mereka di dunia manusia. Di dalam Buddhisme, tradisi ini disebut sebagai Festival Ullambana ( 盂兰节 Yu Lan Jie ) disebut juga Festival Pertengahan Juli ( 中元节Zhong Yuan Jie ). Namun, sebenarnya Ulambana tidak dapat diartikan langsung sebagai Festival Hantu.

Di sisi lain, penganut Budha percaya banyak biksu yang meraih pemahaman penuh terhadap agama Budha, dan mereka yang mempersembahkan sesajen akan hidup makmur dan panjang.
Ada tiga hari penting selama Bulan Hantu. Pada hari pertama bulan tujuh, biasanya nenek moyang dihormati dengan persembahan makanan, dupa, dan uang kertas yang dibakar sehingga roh dapat menggunakannya. Persembahan untuk roh yang tanpa keluarga harus dibuat, sehingga mereka tidak akan membahayakan kita. Persembahan ini biasanya dilakukan di altar darurat yang didirikan di trotoar di luar rumah.
Bulan hantu disebut juga sebagai waktu yang buruk untuk melakukan aktivitas juga yang paling berbahaya sepanjang tahun, karena banyak roh jahat yang keluar untuk menangkap jiwa. Sehingga selama bulan tujuh ini banyak orang yang menghindari seperti, bepergian, pindah rumah, memulai bisnis baru. Banyak orang menghindari berenang selama bulan hantu, karena banyak roh air yang dapat mencoba untuk menenggelamkan Anda.

Hari terakhir dari bulan tujuh adalah ketika Gerbang Neraka ditutup lagi. Para Imam Tao akan menginformasikan pada roh-roh yang gentayangan bahwa sudah tiba waktunya untuk kembali dan karena mereka kembali masuk ke neraka, maka mereka akan mengeluarkan suara raungan nyaring ratapan.

Terlepas dari semua mitologi religius di atas, hikmah dari perayaan ini sebenarnya adalah penghormatan kepada leluhur dan penjamuan fakir miskin. Ini ditandai dengan tradisi sembahyang rebutan, yang membagi-bagikan makanan sembahyangan kepada para fakir miskin setelah penghormatan selesai.

 

Sumber : wikipedia / google

About inkuter

Check Also

dapat-cium-saat-main-pokemon-go-banner

Pria Ini Dicium Cewek Cantik Akibat Main Pokemon GO

INFOKUTERKINI – Bermain Pokemon GO adalah salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu luang sambil …

Leave a Reply

Powered by moviekillers.com