Home / TIPS / Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Cokelat

Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Cokelat

INFOKUTERKINI.COM-Buah alpukat, tentu anda tidak asing lagi dengan buah yang memiliki warna kulit hijau dan biji cukup besar ini. Alpukat banyak dimanfaatkan untuk jus dan menjadi minuman favorit karena kelembutan tekstur jusnya. Nah, kali ini kita tidak akan membahas jus alpukat atau cara membuatnya, melainkan bagaimana agar daging buah alpukat tidak berubah warna jadi kecokelatan setelah dipotong. Berikut tipsnya.

Simpan buah alpukat yang sudah dipotong dalam bawang merah
Cara pertama untuk menghindari warna cokelat pada alpukat adalah dengan menggunakan bawang merah. Langkah pertama, tempatkan buah dalam wadah kedap udara, selanjutnya cincanglah bawang merah kurang lebih seperempat cangkir dan masukkan ke dalam wadah tersebut. Senyawa sulfur yang dihasilkan oleh bawang merah akan mengoksidasi permukaan daging buah dan menghindarkannya dari warna cokelat selama kurun waktu beberapa hari. Perlu diketahui bahwa senyawa sulfur itu adalah senyawa yang terkandung dalam bawang merah, biasanya dapat membuat mata kita pedih dan mengeluarkan air seperti menangis.

Pakai minyak zaitun
Cara kedua adalah mengoleskan minyak zaitun ke permukaan daging alpukat. Ya, sebelum alpukat dimasukkan ke dalam wadah kedap udara, anda harus mengoles permukaan daging buah dengan minyak zaitun. Setelah ditaruh dalam wadah kedap udara, boleh masuk ke kulkas. Untuk mengoles minyak dapat menggunakan kuas roti.

Manfaatkan lemon dan wrap plastik
Cara yang ketiga sama saja dengan cara kedua yaitu menyapukan perasan lemon (lemon juice) ke permukaan daging buah alpukat yang masih segar. Berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan tempat kedap udara, di sini lebih disarankan untuk menutup permukaan daging buah yang telah dilumuri air lemon pakai wrap plastik. Pastikan wrap kuat untuk menekan air lemon agar tidak kemana-mana dan tetap menempel di permukaan buah.

About inkuter

One comment

Leave a Reply

Powered by moviekillers.com